Tipe Kanker Paru Pada Non Perokok

05/08/2012 22:06:08

 

Tipe Kanker Paru Pada Non Perokok
T EB1H dari setengah kasus kanker paru-Jyparu pada perokok diklasifikasikan sebagai Karsinoma sel skuamus (sejenis kanker paru bukan sel kecil). Sedangkan mayoritas kanker paru-paru yang diderita individu bukan perokok adalah adcnokarsinoma (jenis lain dari kanker paru bukan sel kecil).Karsinoma sci skuamus cenderung tumbuh di dekat saluran udara dengan gejala awal seperti batuk atau batuk darah. Sementara adenokarsinoma sering tumbuh di daerah luar paru-paru dan bisa muncul untuk waktu yang lama sebelum gejala terjadi. Gejala yang ditimbulkan umumnya seperti sesak napas, kelelahan, atau gejala karena penyebaran kanker ke daerah lain dari tubuh (seperti nyeri tulang) mungkin lebih umum.Bronchoalveolar karsinoma (BAC) adalah bentuk lain dari kanker paru-paru yang lebih sering terjadi pada bukan perokok, terutama perempuan muda non-perokok. Untuk alasan yang tidak diketahui, kejadian BAC tampaknya terus mengalami peningkatan di seluruh dunia.

Jenis Kanker Paru

Kanker paru dibagi menjadi dua jenis utama berdasarkan penampilan sel kanker paru di bawah mikroskop. Jenis pertama adalah kanker paru karsinoma sel kecil yang merupakan jenis kanker penyumbang sekitar 15 persen dari semua kanker paru-paru. Sesuai namanya, sel-sel lebih kecil dari sel-sel kanker pada umumnya. Mereka juga bercproduksi dengan cepat dan membentuk tumor besar.Kanker jenis ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kanker paru karsinoma kecil sendiri dibagi lagi ke dalam dua jenis hanya terbatas pada daerah dada dan kanker telah menyebar ke arca lain dari tubuh. Kanker ini dapat merespon pengobatan, tetapi sulit untuk disembuhkan. Jenis kedua adalah kanker paru bukan karsinoma sel kecil. Kanker ini jauh lebih umum ketimbang kanker paru karsinoma eel kecil. Kanker jenis ini menyumbang sekitar 85 persen dari semua kanker paru-paru.

Para ahli percaya rokok dapat menyebabkan kanker paru dengan merusak sel yang mclapisi paru-paru. Ketika Anda menghirup asap rokok, yang penuh dengan zat penyebab kanker, perubahan pada jaringan paru-paru segera dimulai. Pada awalnya, tubuh Anda mungkin dapat memperbaiki kerusakan ini. Tetapi dengan paparan berulang, sel-sel normal yang melapisi paru-paru Anda akan semakin rusak.Namun, bagi mereka yang tidak pernah merokok atau menjadi perokok pasif secara jangka panjang juga dapat mengakibatkan kanker paru. Pada orang-orang ini, penyebab kanker masih belum diketahui.”Perubahan sel normal menjadi ganas atau kanker diakibatkan oleh dua hal besar yaitu pajanan tehadap bahan-bahan kanker seperti rokok (gaya hidup) dan bakat atau kerentanan djri sel-sel itu sendiri,” jelas Aru yang kini menjabat sebagai ketua Pengurus Besar Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PB P.APDl). DV

 

By. DV
Print Friendly, PDF & Email
line