Sulit Berhenti Merokok? Minumlah Susu dan Makan Buah Segar

Sulit Berhenti Merokok? Minumlah Susu dan Makan Buah Segar

By. fit/odi

 

Jakarta – Sebagian besar orang menghadapi tantangan saat harus menghentikan kebiasaan merokok. Ada beberapa solusi seperti hipnotis atau mengunyah permen karet. Padahal ada acara alami yang enak yang bisa membantu.Pilihan makanan sehat bisa membuat proses berhenti merokok lebih mudah. Menurut studi oleh psikolog Duke F. Joseph McClernon, PhD, makanan bisa membantu proses berhenti merokok. Seperti yang dilansir situs Ehow (17/11/2012), berikut ini beberapa makanan yang bisa menekan keinginan merokok.

 

1. Produk susu

Makanan dan minuman yang mengandung produk susu cocok untuk menghentikan kebiasaan merokok. Karena enzim yang tertinggal di mulut setelah mengkonsumsi produk susu menimbulkan rasa yang tidak enak.

 

2. Hindari kafein

Menurut studi tahun 2009 oleh Duke University, keasaman dari minuman berkafein seperti kopi dan minuman ringan membuat indra pengecap terasa asam lebih cepat. Hal ini mendorong untuk merokok lebih banyak.

3. Sayur dan Buah Segar

Sebuah penelitian dari School of Public Health and Health Professions University at Buffalo menemukan bahwa perokok yang mengonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi jumlah rokok per hari. Hal ini untuk melatih mulut dan tangan para perokok untuk bergerak dan akhirnya ingin berhenti merokok.

4. Hindari alkohol

Campuran nikotin dan alkohol menyebabkan tubuh untuk memproduksi dopamine. Inilah senyawa kimia yang mengirimkan sinyal rasa senang ke otak. Karenanya disarankan untuk mengurangi alkohol bagi yang ingin berhenti merokok. (fit/odi)

Print Friendly, PDF & Email
line